Desa Cigondewah Hilir

Kec. Margaasih
Kab. Bandung - Jawa Barat

Info

Artikel

Kegiatan Kerja Bakti

03 Juli 2019

1.364 Kali dibuka

Lingkungan Perlu Dipelihara

Banyak orang tidak menyadari bahwa lingkungan dimana manusia tinggal perlu dipelihara dan mendapatkan perawatan.Tanpa pemeliharaan, lingkungan bisa berubah menjadi tempat yang berbahaya bagi kehidupan manusia.

Sebagai contoh adalah saluran air pembuangan atau selokan. Aliran air di selokan haruslah terus mengalir dan tidak boleh tergenang. Jika saluran itu mampat dan air tergenang, maka bisa menjadi sarang nyamuk malaria dan bahkan hewan liar seperti ular.

Oleh karena itu, maka selokan pun harus dipelihara dan dirawat dengan baik untuk memastikan air mengalir ke tempat yang seharusnya.

Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkannya dari sampah-sampah yang tidak sengaja masuk ke saluran atau mengurangi endapan tanah/lumpur supaya air mengalir dengan lancar. Meminta jasa petugas tidaklah murah dan lumayan besar biaya yang harus dikeluarkan.

Sebuah kegiatan kerja bakti yang dilaksanakan secara rutin bisa menjadi pemecahannya. Biaya pemeliharaan bisa dihilangkan saat semua anggota masyarakat di sebuah lingkungan mau menyumbangkan tenaga mereka untuk mengerjakannya.

Manfaat Kerja Bakti

Ada banyak sekali manfaat kerja bakti, baik bagi lingkungan dan kehidupan manusia. Beberapa manfaat kerja bakti adalah sebagai berikut :

  1. Lingkungan menjadi bersih karena selalu terpelihara dan terawat
  2. Sumber penyakit, seperti malaria, demam berdarah bisa dihilangkan dan hal ini mengurangi kemungkinan penyebaran penyakit
  3. Penghematan biaya : bila masing-masing warga mau menyumbang sedikit tenaga, maka tidak perlu lagi membayar ongkos petugas untuk membersihkan lingkungannya
  4. Menjadi wadah silaturahmi antar warga : dengan ikut dalam kegiatan ini, warga yang satu bisa bertemu dan berbincang satu dengan lainnya. Hal itu akan memperkukuh silaturahmi antar warga
  5. Membuat lingkungan menjadi nyaman dan indah : dengan tidak adanya ilalang, taman tertata dengan baik, maka sebuah lingkungan akan menjadi enak dilihat dan nyaman untuk ditinggali
  6. Mengajak anak-anak dalam kegiatan ini memungkinkan mereka saling mengenal satu dengan yang lain dan mengajarkan tentang bagaimana menjaga lingkungan dan alam.

Kepala Desa Cigondewah Hilir berharap masyarakat Desa Cigondewah Hilir dapat memelihara lingkungan di wilayahnya masing-masing dengan melakukan kegiatan Kerja Bakti setidaknya minimal satu kali dalam sebulan. (Jum'at, 28 Juni 2019)

Form Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Kirim Komentar

Captha
Matematic

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Kepala Desa

H. SYAE'UL HUDA, S.H.

CECEP MULYANA

CECEP MULYANA

Sekretaris Desa

Kaur Tata Usaha dan Umum

DENDI RAHMADI

DENDI RAHMADI

Kadus I

RIAN ADHAIRY NUR IQBAN

RIAN ADHAIRY NUR IQBAN

Kadus II

ANEN KURNEN SARAGIH, SH

ANEN KURNEN SARAGIH, SH

Kasi Pemerintahan

RICKY RACHMAN, ST

RICKY RACHMAN, ST

Kaur Perencanaan

ANDRIAN HADI SAPUTRA

ANDRIAN HADI SAPUTRA

Staf Perangkat Desa

IWAN SETIAWAN

IWAN SETIAWAN

Kasi Pelayanan

ASEP SOLIHIN

ASEP SOLIHIN

Kadus II

NANI SUGIAH

NANI SUGIAH

Staf Perangkat Desa

ABDUL LATIEF

ABDUL LATIEF

Kaur Keuangan

Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri

Desa Cigondewah Hilir

Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Agenda

Belum ada agenda terdata

Sinergi Program

Komentar

Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini:66
Kemarin:155
Total:12.183
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:44.220.62.183
Browser:Tidak ditemukan

Lokasi Kantor Desa

Latitude:-6.9461747679759815
Longitude:107.5546772874336

Desa Cigondewah Hilir, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung - Jawa Barat

Buka Peta

Wilayah Desa